Jumat, 08 Desember 2017

Guys : Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat  Guys :  Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat - Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian 2.084 meter.

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat  Guys :  Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Bentuk Tangkuban Perahu ialah Stratovulcano dengan sentra erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan ialah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan ialah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan ketika gunung tidak aktif ialah uap belerang. Daerah Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya ialah 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat  Guys :  Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu
Sejarah asal seruan Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang menciptakan bahtera dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang murka dan menendang bahtera itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat  Guys :  Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda acara gunung berapi ini ialah munculnya gas sulfur dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya ialah di kasawan Ciater, Subang.


Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga besar yang sekarang merupakan daerah Bandung. 

Diyakini oleh para andal geologi bahwa daerah dataran tinggi Bandung dengan ketinggian kurang lebih 709 m di atas permukaan bahari merupakan sisa dari danau besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Perahu merupakan sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif. Fenomena menyerupai ini sanggup dilihat pada Gunung Krakatau di Selat Sunda dan daerah Ngorongoro di Tanzania, Afrika. Sehingga legenda Sangkuriang yang merupakan dongeng masyarakat daerah itu diyakini merupakan sebuah dokumentasi masyarakat daerah Gunung Sunda Purba terhadap kejadian pada ketika itu.

Rute Transportasi
Rute jalan untuk hingga di kawasan obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu ialah melewati pintu tol Pasteur, dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan - lanjut ke Pasirkaliki - melewati Sukajadi - Setiabudi - Lembang kemudian hingga ke lokasi Tangkubanparahu (Gerbang Atas).

Bila keluar melalui pintu tol Padalarang (via Cipularang), sanggup ambil arah ke Cimahi kemudian belok ke kiri melalui Jl. Kolonel Masturi, kemudian terus saja ikuti jalan Kolonel Masturi hingga ujungnya (melewati daerah kecamatan Cisarua dan kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), kemudian ketika bertemu pertigaan Jl. Raya Lembang, belok kiri dan terus saja ikuti jalan melewati markas Brimob dll., ketika sudah melewati plang Tahu Tauhid di sebelah kiri maka sekitar 200 meter lagi akan hingga di Gerbang terusan ke wisata kawah Tangkuban Perahu (kiri jalan).

Demikian sekilas mengenai Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat, segala gosip mengenai objek wisata ini dirangkum dari aneka macam sumber. supaya ulasan singkat ini sanggup mengakibatkan tumpuan bagi anda untuk mengenal lebih akrab mengenai Pesona Keindahan Objek Wisata Tangkuban Perahu Jawa Barat. Terima Kasih atas kunjungannya dan supaya bermanfaat.

Baca juga : Kawah Putih Ciwidey Yang Eksotis


Sumber http://wisataindonesia77.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guys : Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang Yang Eksotis

Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang - Pantai Pasir Panjang merupakan objek wisata pantai yang terletak di kecamatan tujuh bel...