Minggu, 26 November 2017

Guys : Pantai Parangtritis Yogyakarta, Wisata Pantai Yang Penuh Pengan Mitos


Objek Wisata Pantai Parangtritis - Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta selain tempat objek wisata pantai lainnya ibarat pantai Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Panorama Pantai Parangtritis yang terkenal dengan ombaknya yang besar menjadi ciri khas dari pantai ini, selain itu ada dua hal yang membuat Pantai Parangtritis ramai dibicarakan yaitu indahnya pemandangan sekitar Pantai ketika terbenamnya matahari ketika senja tiba dan adanya wacana mitos Nyai Roro Kidul, banyak orang percaya Pantai Parangtritis ialah gerbang kerajaan mistik Nyai Roro Kidul yang menguasai maritim selatan.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di Yog Guys :  Pantai Parangtritis Yogyakarta, Wisata Pantai Yang Penuh Pengan Mitos

Selain itu, Kawasan Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta ini juga terkenal dengan bukit-bukit pasirnya atau biasa disebut dengan gumuk. Biasanya pada demam isu kemarau angin bertiup lebih kencang, dan ombaknya rata-rata  setinggi mencapai dua hingga tiga meter. Sebagai tempat wisata pantai yang cukup terkenal, Pantai Parangtritis dikelola dengan cukup baik oleh Pemda Kabupaten Bantul. Mulai dari akomodasi penginapan hingga pasar yang menjajakan souvernir khas di Parangtritis.


Kawasan Wisata Pantai Parangtritis berjarak hanya 27 km dari sentra Kota Jogjakarta. Untuk mencapai Parangtritis, anda sanggup memakai kendaraan beroda empat pribadi atau angkutan umum, yaitu bus kota. Untuk yang menentukan angkutan umum, anda sanggup naik dari terminal Umbulharjo. Ada dua pilihan rute: melalui Imogiri-Siluk atau Kretek. Jika anda ingin memanjakan mata selama perjalanan pilihlah rute Imogiri-Siluk. Melalui rute Imogiri-Siluk, anda akan melewati pemakaman keluarga kerajaan dan disuguhi pemandangan bukit kapur yang indah dan unik. Tapi jikalau anda ingin cepat hingga ke Parangtritis, pilihlah rute Kretek.

Hanya dengan biaya masuk Rp 3.000,- ada banyak hal yang sanggup dilakukan di Parangtritis. Melihat matahari terbenam ialah salah satu yang paling diminati. Oleh lantaran itu, ketika terbaik pergi ke Objek Wisata pantai Parangtritis Yogyakarta ini adalah ketika menjelang senja. Remang romantis senja Parangtritis juga seringkali dimanfaatkan pasangan calon mempelai sebagai latar foto pranikah. Tersedia pula jasa bendi yang akan mengantar anda menyusuri permukaan pasir mulus Parangtritis. Kalau anda lebih suka naik kudanya langsung, anda juga sanggup mendatangi jasa penyewaan kuda.


Permainan layang-layang juga sanggup dijadikan pilihan jikalau ingin lebih mendapat suasana santai. Angin di Kawasan Pantai Parangtritis yang kencang sanggup membantu anda menerbangkan layang-layang. Bahkan pemula yang tak pernah bermain layang-layang pun akan menerbangkan layang-layangnya dengan gampang dengan santunan angin Parangtritis. Wajar saja jikalau Parangtritis sering dijadikan lokasi pameran layang-layang. Untuk yang berjiwa petualang, ATV (All Terrain Vehicle) patut dicoba. Dengan ATV, anda sanggup menaklukkan bukit-bukit pasir di sepanjang pantai. Biaya sewa ATV sekitar  Rp. 50.000,- hingga dengan Rp 100.000,- per setengah jam.

Sebagai peringatan bagi para pengunjung di Pantai Parangtritis, lantaran kebuasan ombaknya, pengunjung Wisata Pantai Parangtritis tidak direkomendasikan untuk berenang lantaran sangat berbahaya. Namun di pinggir pantai tersedia akomodasi pemandian umum. Diantaranya ialah pemandian Parang Wedang yang airnya konon sanggup mengobati banyak sekali penyakit kulit. Ini lantaran air di pemandian tersebut mengandung belerang.

Kuatnya mitos Nyai Rara Kidul juga membuat eksotisme tersendiri di Parangtritis. Upacara-upacara seringkali digelar untuk menghormati Nyai Rara Kidul. Oleh Kraton Yogyakarta, Parangtritis dijadikan tempat upacara Labuhan. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para nelayan setempat dan pengunjung melaksanakan upacara ritual di Parangtritis. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncaknya terjadi pada malam 1 Suro, dan dua hingga tiga hari sesudah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Demikian Ulasan singkat mengenai Pantai Parangtritis, segala informasi mengenai objek wisata ini dirangkum dari banyak sekali sumber. biar sanggup menjadi rujukan bagi anda untuk mengenal lebih erat Keindahan Panorama Alam Objek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta. Semoga bermanfaat.


Sumber http://wisataindonesia77.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guys : Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang Yang Eksotis

Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang - Pantai Pasir Panjang merupakan objek wisata pantai yang terletak di kecamatan tujuh bel...