Minggu, 10 Desember 2017

Guys : 7 Objek Wisata Alam Gunungkidul Yang Menarik


Objek Wisata Alam Gunungkidul Yang Menarik – Gunungkidul merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Propinsi Daerah spesial Yogyakarta dengan sentra kota terletak di Wonosari. Walaupun populer dengan wilayahnya yang gersang, ternyata Kabupaten Gunungkidul menyimpan banyak potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata pantai sampai wisata alam dengan panorama alamnya yang cukup mempesona.

Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam di Kabupaten Gunungkidul, berikut ini tempat-tempat Wisata Alam Kabupaten Gunungkidul  yang cukup menarik buat anda kunjungi, agar dapat menjadi rujukan bagi anda mengenai Objek Wisata Alam yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Langsung saja ya…berikut Objek Wisata Alam Gunungkidul Yang Menarik untuk Dikunjungi yang dirangkum dari banyak sekali sumber..semoga bermanfaat..

1. Gua Rancang Kencono



Goa Rancang Kencono terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunugkidul, Yogyakarta. Obyek wisata ini belum begitu terkenal, akan tetapi bergotong-royong goa ini berada pada satu tempat dengan destinasi wisata yang cukup populer yaitu Air Terjun Sri Gethuk.

2. Gunung Nglanggeran


Gunung Nglanggeran merupakan satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari karst atau kapur. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul yang berada pada formasi Pegunungan Seribu. 

3. Kaliurang


Kaliurang yaitu sebuah tempat wisata yang terletak di Yogyakarta, persisnya di Kabupaten Sleman, yang  perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Akses menuju ke Kaliurang sangat mudah. Setidaknya dengan jalan kaki atau menumpang angkutan bus, taxi atau ojek yang melewati Jalan Kaliurang. Jarak Kaliurang ke Yogyakarta kurang dari 1 jam perjalanan, dan ke Surakarta kurang dari 3 jam perjalanan.

4. Puncak Suroloyo


Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh, Yogyakarta dengan mempunyai ketinggian kurang lebih mencapai 2000 meter dpl yang membentang sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di Puncak Suroloyo ini, Para pengunjung selain dapat menikmati keindahan alam disekitar perbukitan, diatas bukit ini anda dapat melihat kota Yogyakarta serta melihat pribadi keindahan Candi Borobudur.

5. Air Terjun Sri Gethuk


Terletak di antara ngarai sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan yang hijau, menciptakan Pesona Alam Air Terjun Sri Gethuk semakin menarik untuk dinikmati. Air Terjun yang terletak  di Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta  ini merupakan jeram yang bukan berasal  dari anutan sungai utama. Justru Air Terjun Srigethuk membelah tebing sungai Oya dan menyatu dalam anutan yang sama, jadi tidak mengherankan jikalau ada suasana kontras. Air terjun demikian jernih, sementara air sungai Oya keruh. Perpaduan yang menarik untuk dinikmati. Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang populer kering.

6.  Wanagama


Hutan Wanagama merupakan sebuah tempat hutan lindung dengan luas mencapai 600 hektare di Wilayah Kabupaten Gunungkidul. Tujuan utama dibangunnya Wanagama yaitu untuk mencari model cara menanggulangi kekitrisan tanah di Gunugkidul. Di Samping itu hutan ini difungsikan sebagai hutan pendidikan dan penelitian lapangan bagi mahasiswa Universitas Gadjah Mada ( UGM ).

7.  Goa Pindul


Goa Pindul yang berada di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, sekitar 7 km ke arah Utara Kota Wonosari merupakan satu dari tujuh gua yang dialiri sungai bawah tanah di daerah Beriharjo. Obyek Wisata Goa Pindul mempunyai kedalaman air sekitar 5 meter, panjang sekitar 300 meter dengan lebar 5 meter serta jarak antara atap goa dengan permukaan air sekitar 4 meter.

Demikian sekilas mengenai Objek wisata Alam Gunungkidul Yang Menarik untuk dikunjungi, segala warta mengenai wisata alam Kabupaten Gunungkidul dirangkum dari banyak sekali sumber. terima kasih dan agar bermanfaat.

Sumber http://wisataindonesia77.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guys : Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang Yang Eksotis

Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang - Pantai Pasir Panjang merupakan objek wisata pantai yang terletak di kecamatan tujuh bel...