Sabtu, 02 Desember 2017

Guys : GUA RANCANG KENCONO


Objek Wisata Gua Rancang Kencono - Goa Rancang Kencono merupakan obyek wisata goa yang terdapat di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunugkidul, Yogyakarta. Obyek wisata ini belum begitu terkenal, akan tetapi sebetulnya goa ini berada pada satu tempat dengan destinasi wisata yang cukup populer yaitu Air Terjun Sri Gethuk.

Sejarah Goa Rancang Kencono

Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu wilayah yang termasuk dalam Kawasan Karst Pegunungan Sewu dengan panorama alam yang unik. Selain fenomena di permukaan (eksokarst) yang berbentuk perbukitan karst, di Kabupaten Gunungkidul juga terdapat fenomena di bawah permukaan (endokarst) yang berbentuk sungai bawah tanah, lembah, telaga, sampai luweng dan gua. Karena itu tak heran kalau Gunungkidul mempunyai banyak gua yang tersebar di perut bumi. Salah satu gua yang sanggup dimasuki siapa saja tanpa peralatan khusus yaitu Gua Rancang Kencono yang terletak di Desa Wisata Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul.


Berdasarkan buku "Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta" yang disusun oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta, Gua Rancang Kencono merupakan gua purba sejajar dengan Gua Braholo yang terdapat di Kecamatan Rongkop, hal ini didasarkan pada inovasi artefak dan tulang belulang yang diperkirakan hidup pada ribuan tahun yang lalu. Gua yang mempunyai ruangan luas dan lapang dengan pohon klumpit yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 2 masa ini pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram pada ketika menyusun rencana untuk mengusir Belanda dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Karena dipakai untuk merancang taktik demi tujuan mulia maka gua ini dinamakan Gua Rancang Kencono.

Untuk memasuki Wisata Alam Gua Rancang Kencono cukup menuruni tangga watu yang sudah dibangun semenjak dulu. Sebatang pohon klumpit yang tingginya sudah melampaui atap gua menyambut dengan gagahnya. Lubang besar akhir lapuk terlihat di batang pohon menjadi penanda usianya yang sudah renta. Gua Rancang Kencono mempunyai sebuah pelataran atau ruang yang luas dan sanggup dipakai untuk mengadakan pertemuan. Stalaktit tampak menghiasi langit-langit gua, banyak diantaranya sudah mati sehingga tidak terlihat lagi air yang menetes. Di sebelah ruangan yang luas terdapat ruang kecil dan sempit serta gelap gulita. Untuk memasuki ruang ini harus melewati sebuah celah kecil dengan merunduk. Di dalam ruang yang sempit ini terdapat lukisan bendera merah putih serta kata-kata penyemangat yang ditujukan kepada para pejuang. 

Selain relung gua yang sempit dan gelap, di sisi lain juga terdapat lorong yang konon menghubungkan Gua Rancang Kencono dengan Air Terjun Sri Gethuk. Saat memasuki lorong tersebut harus berjalan jongkok bahkan sesekali merangkak sebab langit-langitnya sangat pendek. Menurut pengelola, sebagian lorong tersebut telah runtuh sehingga tidak sanggup ditelusuri. Saat malam menjelang, Gua Rancang Kencono yang disinari samar cahaya bulan terlihat mistis sekaligus eksotis.

Demikian sekilas mengenai Gua Rancang kencono, segala informasi mengenai objek wisata ini di rangkum dari banyak sekali sumber. biar ulasan singkat ini sanggup menjadi acuan bagi anda untuk mengenal lebih bersahabat mengenai Keindahan Gua Rancang Kencono yang Eksotis. biar bermanfaat.

Baca juga: Objek Wisata Goa Selarong, Bantul, Yogyakarta



Sumber http://wisataindonesia77.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guys : Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang Yang Eksotis

Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang - Pantai Pasir Panjang merupakan objek wisata pantai yang terletak di kecamatan tujuh bel...