Selasa, 12 Desember 2017

Guys : Objek Wisata Goa Jatijajar Kebumen Jawa Tengah

 meter dari permukaan maritim dengan memiliki panjang sekitar  Guys :  Objek Wisata Goa Jatijajar Kebumen Jawa Tengah

Objek Wisata Goa Jatijajar Kebumen - Goa Jatijajar merupakan objek wisata  Jawa Tengah yang berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.  Goa Jatijajar berada di ketinggian 50 meter dari permukaan maritim dengan memiliki panjang sekitar 250 meter, lebar kurang lebih 15 meter dan ketebalan langit-langit mencapai kira-kira 10 meter.

Objek Wisata Goa Jatijajar Kebumen mulai dibangun dan dikembangkan sebagai obyek wisata pada tahun 1975. Penggagasnya ialah Suparjo Rustam, yang merupakan mantan  Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan Yang bertindak sebagai pelaksana proyek pembangunan Goa Jatijajar ialah CV. AIS dari Yogyakarta yang dipimpin oleh Bapak Saptoto, seorang seniman deodrama yang cukup populer di tanah air. Setelah Goa Jatijajar terbangun, pengelolaan obyek wisata ini dilakukan oleh pihak Pemda Dati II Kebumen. 

Keistimewaan Objek Wisata Goa Jatijajar
Di depan obyek wisata Goa Jatijajar, terdapat sebuah patung dinosaurus sebagai simbol penting dari gua ini. Pengunjung yang masuk ke dalam goa otomatis akan melewati verbal patung dinosaurus ini. Patung ini terlihat mengeluarkan air, sebagai muara dari mata air yang ada di dalam goa, yaitu dari Sendang (Sungai) Kantil dan Sendang Mawar. Air ini diyakini tidak akan habis, meski dalam kondisi cuaca kemarau sekalipun. Air ini dipakai oleh penduduk sekitar Goa Jatijajar sebagai pengairan sawah-sawah mereka.

Selain itu dikala masuk kedalam goa, pengunjung akan melihat pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan. Didalam Ruangan Goa Jatijajar diterangi dengan banyak lampu, mulai dari arah masuk sampai ke luar, sehingga pengunjung tidak perlu memepertanyakan dengan kondisi penerangan di sana. Di episode langit-langit gua terdapat sebuah lubang sebagai ventilasi goa. Di tengah-tengah ruangan terdapat dingklik melingkar yang sanggup dipakai sebagai tempat duduk pengunjung yang ingin istirahat, sambil melihat-lihat sekeliling ruangan dalam gua.

Di Objek Wisata Goa Jatijajar pengunjung bias menikmati ornamen stalagtit, stalagmit, dan tiang kapur yang cukup mempesona. Selain pemandangan dalam gua yang cukup indah, anda juga akan disuguhkan delapan buah deodrama yang dipasang, ditambah adanya patung-patung yang berjumlah 32 buah. Patung-patung Di Kawasan Wisata Goa Jatijajar tersebut menceritakan kisah wacana Raden Kamandaka, yang kemudian dikenal dengan Legenda Lutung Kasarung. Konon, gua ini pernah menjadi tempat pertapaan Raden Kamandaka, putera mahkota Raja Pajajaran, untuk menerima wangsit

Pengunjung kemudian sanggup melanjutkan perjalanan dengan cara menuruni tangga yang merupakan episode dari ekor patung dinosaurus. Di ruang bawah terdapat beberapa sungai bawah tanah (sendang) yang masih aktif. Sungai-sungai itu merupakan salah satu keistimewaan Objek Wisata Goa Jatijajar. Tercatat ada empat sendang (menurut sumber lain ada tujuh sendang, tapi data yang sanggup diperoleh hanya ada empat), yaitu Sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang Jombor, dan Sendang Puser Bumi. Aliran air di Sendang Mawar melewati lubang sempit yang menembus sampai ke luar gua. Demikian halnya dengan aliran air Sendang Kantil. Konon katanya, bila pengunjung sanggup mendekati dan membasuh muka dengan air di Sendang Mawar, maka ia akan baka muda. Ada pula kepercayaan bahwa bila seseorang membasuh muka atau mandi dengan air Sedang Kantil, maka niat atau cita-citanya akan cepat terkabul. Sementara itu, oleh pihak pengelola obyek wisata Goa Jatijajar, Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi sengaja dikeramatkan. Jika ingin menelusuri lorong gua melalui dua sendang tersebut, pengunjung harus menerima ijin yang sangat ketat dari pihak pengelola.

Akses Objek Wisata Gua Jatijajar
Untuk menuju obyek wisata Goa Jatijajar, pengunjung tidak perlu bingung. Sebab, lokasinya sanggup dengan gampang dicapai. Pengunjung sanggup memakai kendaraan langsung maupun kendaraan umum. Jika ingin memakai kendaraan umum, pengunjung cukup naik bis umum jurusan Gombong-Jatijajar di Terminal Gombong.

Akomodasi dan Fasilitas Lain Wisata Goa Jatijajar

Di kawasan obyek wisata Gua Jatijajar terdapat sejumlah penginapan (hotel melati dan homestay) dan rumah makan atau restoran dengan harga yang cukup terjangkau. Di sana juga terdapat sejumlah kios yang menjajakan buah tangan khas Kebumen, terutama masakan Lanthing. Di komplek Kawasan Wisata Gua Jatijajar terdapat sebuah taman yang sanggup dijadikan sebagai taman bermain dan taman keluarga. Taman ini dinamakan Pulau Kera alasannya ialah memang banyak terdapat patung monyet di dalamnya.

Demikian sekilas mengenai Objek Wisata Goa Jatijajar Kebumen, Semoga sanggup menjadi tumpuan bagi anda yang ingin berkunjung ke Goa Jatijajar. Segala informasi mengenai Objek Wisata Alam Goa Jatijajar Jawa Tengah dirangkum dari aneka macam sumber ( www.wisatajawa.wordpress.com ). Selamat Berkunjung dan terimakasih


Sumber http://wisataindonesia77.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guys : Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang Yang Eksotis

Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang - Pantai Pasir Panjang merupakan objek wisata pantai yang terletak di kecamatan tujuh bel...